Garudajaya News :
Home » » Selamat Datang di Daihatsu Cikarang,

Selamat Datang di Daihatsu Cikarang,




JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah saudara kembar identik. Lahir dari  pabrikan Daihatsu dengan sosok dan postur wajah yang sama. Kalau pun ada perbedaan, terutama dari penampilan (eksterior), adalah logo, desain rumah lampu kabut dengan ornamennya, motif pelek  dan ukuran ban. Rush punya tambahan  kaca spion kecil di kap mesin sisi kiri sedangkan Daihatsu Terios mempunyai foot step di samping kanan dan kiri. 
Di kabin, sebenarnya ada konsep mendasarkan yang membedakan target konsumen kedua SUV ini.  Rush, standarnya  hanya untuk lima penumpang atau punya dua deret jok. Sedangkan Terios punya 3 deret jok sehingga bisa dikatakan Terios adalah SUV keluarga  dirancang bisa memuat 7-penumpang,” jelas Anton Jimmy Suwandi, Communication Manajer PT TAM. Inilah yang membedakannya!

Harganya Rush lebih mahal dari saudaranya Terios. Untuk semua tipe, Rush dilengkapi dengan roof rail, sedangkan Terios hanya model TX. Dari sini saja sudah terdapat perbedaan karakteristik.



Rush untuk keluarga muda urban yang suka petualangan. Karena itu pula jumlah penumpangnya dibatasi hanya 5 orang saja 2 baris tempat duduk.  Sisa dibagian belakang digunakan untuk bagasi ,” lanjut Anton 

Opsional tambahan bangku baris ketiga Rush dihargai 3 juta, walaupun begitu posisi duduk nya tidak senyaman Daihatsu Terios. Itu dikarenakan lantai dasarnya punya Rush rata ( Posisi duduk seoerti orang jongkok ) sedangkan Terios ada cekungan kebawah tempat kaki yang memang langsung didesain oleh pabrik dibuat 3 baris penumpang.

Sedangkan Terios merupakan SUV keluarga, ruang belakang dihuni jok baris ketiga. Kalau penumpang penuh, tentu saja tempat baru jadi sangat terbatas. Malah, agar penumpang gampang masuk ke jok barisan ketika, proses melipat jok di baris kedua dijadikan sales point bagi Terios dalam penampilan barunya.

Itulah  perbedaan mendasarkan  interior. Lainnya, konsol boks tengah audio, door trim sama. Perubahan yang dilakukan pun sama. Misal mengganti unit power steering dari hidraulik dengan listrik (motor dipasang di kolom atau batang setir).



Dari pengamatan KOMPAS.com, seperti hidraulik, power steering elektrik hanya berfungsi ketika mesin hidup. Bila mesin mati, namun kunci kontak ON, tidak berfungsi.

Suspensi, seperti yang dilakukan oleh Daihatsu, perubahan dilakukan terhadap   per koil dan peredam kejut, baik untuk depan maupun belakang. Khusus belakang, lengan suspensi posisi sedikit mengalami perubahan. Klaim keduanya, bahwa agar makin nyaman dan stabil. 

Untuk biaya service dan perawatan, Daihatsu lebih murah dibandingkan Toyota. Dikarenakan brand image Toyota lebih tinggi.


Perbedaan Harga antara Rush  tipe G dan S yang cukup besar. Pasalnya, tipe S dilengkapi dengan ABS, sedangkan type G tidak. Untuk kantung pengaman / Airbag ( khusus buat type S automatic ) buat pengemudi dan penumpang depan, serta spoiler belakang.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Halaman Utama | Telepon Kami
Copyright © 2012. CIKARANG JAYA - All Rights Reserved
Hak Cipta : Garuda Jaya Disusun Oleh Master
Anwari, S.Kom I Blogger